Tipe - Tipe Memori Komputer

Berikut ada beberapa pembagian Tipe Memori komputer berdasarkan fungsi dan kerjanya. Yaitu sebagai berikut :

1. RAM (Random Access Memory)
    Pada dasarnya RAM merupakan memori yang bekerja "utama" saat kita menggunakan komputer, Pada saat Sistem Operasi di hidupkan (load) dari disk, hal tersebut akan dicopy ke dalam RAM. Pada dasarnya setiap komputer di lengkapi dengan RAM yang sesuai dengan speed dan kebutuhan komputer yang sesuai, pada komputer modern sekarang biasanya di lengkapi dengan RAM 1 Giga Atau lebih. 

Data dan program yang di simpan dalam RAM bersifat menguap (Volatile), yaitu informasi ini akan hilang begitu saja jika tidak lagi dialiri listrik.

2. ROM (Read Only Memory)
     
ROM, sesuai dengan namanya ini merupakan tipe khusus chip memori yang menyimpan software, yang dapat di baca bukan di tulis. Contoh yang bagus adalah chip ROM-BIOS yang berisi software read-only. seringkali card jaringan dan card video juga berisi chip ROM.




3. ROM - BIOS (Read Only Memory - Basic Input Output System)
    Merupakan chip yang terletak di papan (board) sistem komputer, yang berisi software. sofware ini merupakan variasi tugas. Pada waktu pertama kali komputer di hidupkan, memori ini menampilkan selft diagnosic untuk mengecek apakah komputer bekerja dengan baik atau tidak. Sofware ini kemudian memuat sistem operasi dari disk menuju RAM.

4. Flash - Bios
    Chip ini mengandung bahan serupa dengan jenis sofware built-in, tetapi memiliki kelebihan karena sofware chip ini dapat ditingkatkan. Peningkatan ini dapat dicapai dengan menjalankan program ringan yang diproduksi oleh pabrik komputer.
     
5. ROMBIOS Dan "Year 2000 Bug"
     Memori ini berfungsi untuk peningkatan chip memori dari ROM-BIOS pada komputer tua, pada saat yang kita sebut 'millenium year 2000 bug'. Hal ini dikarenakan komputer tua menjalankan informasi dengan dua digit, misalnya angka 22 digunakan untuk mewakili 1922.

6. Video (Grapich) Memory
     Gambar yang kita lihat pada layar berbentuk data, dan data ini harus disimpan di suatu tempat. Gambar di layar di jalankan oleh chip memori khusus yang di sebut Chip Memori Video, chip ini biasa terletak di 'Video Card'. 


Referansi :
Modul Konsep dasar Teknologi Informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!

TUHAN Memberkati Kita Semua...

Popular Post

Teman Blogger

Blogroll

free counters

RSS Feed Berlangganan artikelKu



Masukan Email Mu Disini: