Hardisk

   Hard Disk Drive (HDD) atau biasa kita sebut Hard drive, hard disk atau fixed. merupakan media penyimpanan yang dapat menyimpan data digital dengan cepat dan memiliki permukaan magnetis.
    HDD ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting  pada perusahaan IBM, namun pada abad ke 21 ini kegunaan HDD ini di perluas dan meliputi banyak kegunaan, seperti perekam video digital, pemutar audio digital, Personal Digital Assistant (PDA), kamera digital, dan video game. Bahkan sekarang merambah ke dunia telepon seluler.

Berikut ini macam - macam jenis hardisk yang biasa di gunakan dalam komputer kita :

1. Hard Disk IDE (Integrated Drive Electronics)


   
Perangkat CPU seperti floppy drive dan CD-ROM drive biasanya dihubungkan ke komputer melalui perangkat antarmuka Integrated Drive Electronics (IDE).
  
   Nama aslinya adalah AT Attacment (ATA) yang berarti bahwa awalnya dikembang untuk komputer IBM AT. Hard disk IDE merupakan tempat penyimpanan data yang di tancapkan ke motherboard dengan interface IDE. 






2. Hard Disk SATA (Serial Advanced Technology Attachment)

     Adalah bus primer pada komputer yang didesain untuk mentransfer data antara motherboard dan media penyimpanan data, seperti hard disk dan optical drive di salam komputer. 

   Keuntungan utama mengunakan hard disk jenis ini adalah transfer data yang lebih cepat, bisa memindahkan atau bahkan menambah device selama operasi (jika sistem operasinya support), kabel yang lebih tipis sehingga proses pendinginan lancar, dan masih banyak keunggulan lainnya.




3. Hard Disk SCSI (Small Computer System Interface)
    
  Adalah perangkat standar ANSI untuk menghubungkan device ke sistem Komputer. Pada umumnya device SCSI adalah media penyimpanan data, seperti hard disk SCSI. Umumnya hard disk jenis ini menggunakan teknoligi paralel, tetapi banyak sudah varian yang di buat dan beredar di pasaran seperti Fireware dan Fibre Channel.
       
   SCSI merupakan alternatif IDE high-end. satu buah kontrolel dapat mengontrol dua drive, sedangkan satu buah kontrolerSCSI dapat mengontrol sebanyak 8 atau 16 drive. Sebagai Tambahan, biasanya kabel SCSI lebih besar dan lebih panjang dari kabel IDE.



4. Hard Disk SAS (serial Atteched SCSI)
    
Adalah teknologi transfer data yang didesain untuk memindahkan data dari dan ke media penyimpanan pada komputer seperti hard drive dan tape drive. SAS adalah serial protokol poin to point yang menggantikan bus SCSI pada pertengahan 1980-an di pusatdata, dan menggunakan SCSI standar.

           Saat ini, SAS lebih rendah dibandingkan dengan implementasi SCSI paralel, tetapi di masa yang akan datang SAS akan digandakan hingga mencapai Kecepatan 6GB/s, sehingga memungkinkan banyak transfer data dengan kecepatan tinggi.




5. Hard Disk Back Planes
      Backplane adalah papan sirkuit yang menghubungkan beberapa konektor secara paralel sehingga setipa pin dalam konektor dihubungkan ke pin yang sama pada konektor yang lain dan menjadi bus. Sistem komputer yang menggunakan pendekatan ini disebut bus S-100 Karena memiliki 100 pin.

        Backplane dapat digunakan tanpa menggunakan single board komputer untuk menyederhanakan penambah daya pada kartu plug-in. sebagai tambahan, banyak kabel ekspansi bus yang membuat bus komputer menjadi backplane eksternal, biasanya terletak pada encloruse, untuk membedakan slot-slot pada komputer itu. Perangkat kabel ini memiliki transmitter pada komputer, papan ekspansi pada backplane jarak jauh, dan kabel di antara keduanya. kabel ekspansi bus tidak membutuhkan single board komputer pada bus untuk mengontrol kartu I/O yang disebabkan oleh ekspansi listrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!

TUHAN Memberkati Kita Semua...

Popular Post

Teman Blogger

Blogroll

free counters

RSS Feed Berlangganan artikelKu



Masukan Email Mu Disini: