Ukuran Memori Komputer

Unit Dasar Penyimpanan Data

    Komputer  harus  dapat  memproses  data, dan Dalam pengolahan data tersebut komputer  memerlukan  unit  penyimpanan  sehingga  diperlukan  suatu  mekanisme  penyimpanan data(memori).  Walaupun  hasil  komputer  digunakan  saat  itu,  setidaknya  komputer  memerlukan  media penyimpanan   untuk   data   proses selanjutnya.   Dalam   interaksi   dengan   dunia   luar   sebagai   fungsi pemindahan data maka diperlukan antarmuka (interface) yang mempermudah operator komputer bekerja, proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkat lainnya yang kita sebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.

Pada dasarnya komputer digital bekerja hanya dengan angka 0 dan 1 (Atau 'on' dan 'off'), jadi apabila kita berbicara tentang media penyimpanan dalam komputer, dan jumlah memori (RAM) atau kapasitas Hard disk, maka kita juga berbicara tentang angka yang merupakan kombinasi dari 0 dan 1.

  • Binary Digit
   Seluruh komputer bekerja dengan sistem bilangan binary, data diproses dengan agnka 1 dan 0. level penyimpanan 1 dan 0 kita sebut sebagai bit. Hardware dengan 32 bit artinya hardware tersebut dapat memproses 32 bit pada sangat yang sama.
  Software juga dijelaskan sebagai 16 bit, 32 bit atau 64 bit.

  • Byte
   Satu byte terdiri dari delapan bit.


  • kiloByte
   Satu kiloByte (KB) terdiri dari 1024 byte.


  • MegaByte
   Satu MegaByte (MB) terdiri dari 1024 KiloByte.


  • GigaByte
   Satu GigaByte (GB) terdiri dari 1024 MegaByte.


  • File
  Data dan program di simpan pada disk sebagai file. File mempunyai beberapa tipe yaitu :
- File yang di simpan dalam data, file yang berisi program
- File yang di gunakan untuk menyimpan sistem operasi (OS).


  • Directori (Folder)
   Digunakan oleh sekelompok file dengan tema yang sama. Sebagai contoh : Kita dapat memiliki Folder yang di sebut "PBO", yang dimana di dalamnya kemudian berisi file - file "Lapren", LapHas", dan "Data Program".  Level tertinggi dalam folder bisa kita sebut "Directori" dan bagian bawah kita sebut "Root" (Akar).

Sebagai contoh, berikut gambarannya :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!

TUHAN Memberkati Kita Semua...

Popular Post

Teman Blogger

Blogroll

free counters

RSS Feed Berlangganan artikelKu



Masukan Email Mu Disini: