Tentang Delphi

 
Pengertian Delphi
Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi program.

Apakah IDE itu ?
IDE Singkatan dari Integrated Development Environment yaitu Program Komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan untuk membangun/ membuat perangkat lunak atau software.Tujuannya untuk memberikan utilitas yang diperlukan untuk membangun suatu perangkat lunak atau software.

"Delphi adalah sebuah IDE Compiler untuk bahasa pemrograman Pascal dan lingkungan pengembangan perangkat lunak.Produk ini dikembangkan oleh CodeGear sebagai divisi pengembangan perangkat lunak milik Embarcadero, divisi tersebut sebelumnya adalah milik Borland. Bahasa Delphi, atau dikenal pula sebagai object pascal (pascal dengan ekstensi pemrograman berorientasi objek (PBO/OOP)) pada mulanya ditujukan hanya untuk Microsoft Windows, namun saat ini telah mampu digunakan untuk mengembangkan aplikasi untuk Linux dan Microsoft .NET framework (lihat di bawah). Dengan menggunakan Free Pascal yang merupakan proyek opensource, bahasa ini dapat pula digunakan untuk membuat program yang berjalan di sistem operasi Mac OS X dan Windows CE Pada tanggal 8 Februari 2006, Borland mengumumkan akan melepas seluruh jajaran produk pengembangan aplikasi komputernya termasuk di antaranya Delphi, untuk itulah Borland membentuk perusahaan baru dengan nama CodeGear sehingga terpisah dari Borland.

a. Kegunaan Delphi
1. untuk membuat aplikasi windows
2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet)

b. Keunggulan Delphi
1. IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.

2. Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.

3. Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.

4. Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.

 KESIMPULANNYA :

Di dalam Delphi, program hampir menyerupai program di dalam BahasaPemrograman pada bahasa Pascal. Namun dalam bahasa Delphi kita tidak perlu lagi menuliskanseluruh listing program. Pada program Delphi  kitahanya memerlukan kata kunci dan menambahkan statement-statementnyasaja karena pada Lembar kerja Delphi, badan program sudah tersedia jadi kita hanya tinggal memasukkan kata kunci dan statemen-statementnya.
 
Program komputer dapat memecahkan hampir semua masalah yang memerlukan ketelitian yang tinggi, serta banyak data yang harus diolah, dengan waktu penyelesaian yang singkat.Dulu, membuat sebuah program sangat sulit dan melelahkan. Karena sekarang pembuatan program dituntut harus cepat, tepat dan siap pakai, maka munculah bahasa pemograman yang berbentuk visual, antara lain : Visual C++, Visual Foxpro, Visual Basic, dan lain-lain.

Borland Delphi adalah salah satu dari program secara visual, bahasa yang digunakan lebih mengarah ke bahasa pascal.Banyak orang yang mengatakan bahwa pascal adalah nenek moyang dari Delphi, karena Delphi adalah pengembangan dari turbo pascal yang popular.Seperti bahasa lainnya, Delphi mengalami perkembangan yang sangat pesat.Delphi yang dikeluarkan oleh Borland, memiliki support yang sangat tinggi terhdap database-database yang sudah terkenal (seperti MS Access, Paradoks, Foxpro, Dbase, Oracle, dan lain-lain). Selain itu, delphi juga dilengkapi dengan objek-objek yang baru sehingga memudahkan pembuatan program, baik program database maupun program lainnya (game utility, dan lain-lain).

Delphi dapat dibagi menjadi 3 versi.Setiap versinya ditujukan untuk pengembangan yang berbeda. Ketiga versi itu adalah:

1. Delphi standard, adalah versi pemula dan ditujukan untuk pelajar yang ingin mendalami Delphi. Versi ini dilengkapi dengan segala sesuatu yang diperlukan untuk membuat aplikasi Delphi.

2. Delphi Profesional, ditujukan untuk pengembangan professional yang tidak memerlukan fasilitas server /client.

3. Delphi Enterprise, ditujukan untuk pengembangan yang lbih tinggi dengan aplikasi yang berkomunikasi dengan SQL Server.

 
Sumber :
-                                  - Modul Praktikum Algoritma dan pemograman 3









2 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Delphi silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3886/1/Presentasi.pdf

    BalasHapus
  2. kita juga punya nih jurnal delphi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1291/1/20107625.pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus

Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!

TUHAN Memberkati Kita Semua...

Popular Post

Teman Blogger

Blogroll

free counters

RSS Feed Berlangganan artikelKu



Masukan Email Mu Disini: