KECAPI

   KECAPI merupakan alat musik petik khas suku Dayak Kalimantan Tengah yang biasa digunakan oleh masyarakat suku Dayak untuk mengiringi lagu khas Kalimantan Tengah seperti Badeder/Deder (nyanyian pantun), Karungut, Dodoi (nyanyian saat mendayung perahu/sampan/rakit). Kecapi ini juga dapat digunakan untuk mengiringi tari - tarian khas Kalimantan Tengah dalam sebuah festival atau dalam menyambut tamu besar, Mansana (bercerita), acara perkawinan, acara kelahiran dan segala macamnya. Tapi kalau dulu kala Kecapi lebih banyak digunakan untuk mengantar para pahlawan - pahlawan jaman dulu untuk maju berperang melawan musuh pada saat masa perang(asang).


   Kecapi sendiri terbuat dari sebuah kayu ringan, yang bertalikan senar. Senarnya bisa menggunakan nilon. Kalau dulu sich kata orang tua saya senar Kecapi lebih banyak menggunakan Rotan atau kulit kayu karena lebih tahan lama, kuat dan suaranya yang khas, apalagi jaman dulu gak ada yang namanya Nilon.


Sekarang jarang lagi kita temui aktivitas pemuda-pemudi yang memainkan alat musik jenis ini, karena lebih tertarik pada alat musik yang lebih modern. jika dibiarkan begini terus menerus dapat dipastikan tidak ada yang dapat menerima tongkat estafet musik daerah Kalteng. Lantas siapa yang dapat kita harapkan kalau bukan anda - anda dan juga saya sebagai penerus bangsa ini. Mulai lah untuk melestarikan kebudayaan daerah kita masing - masing???? Apa kalian mau jika salah satu adat istiadat kita diambil lagi oleh negara seberang?? kalau saya sih ogah.....

Kalau bukan kita,
Siapa Lagi????
Kalau bukan sekarang,
Kapan Lagi????

sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!

TUHAN Memberkati Kita Semua...

Popular Post

Teman Blogger

Blogroll

free counters

RSS Feed Berlangganan artikelKu



Masukan Email Mu Disini: