Sistem Komputer terdiri atas 3 Komponen Yaitu : Aspek perangkat Lunak(Software), Aspek Perangkat Keras ( Hardware), Aspek Manusia(hardware). Ketiga aspek ini harus selalu ada dan harus dapat saling bekerja sama sehingga system Komputer yang ada dapat bekerja secara maksimal.
Bukan hal yang mudah dalam membuat keseimbangan pada model system computer yang akan kita kembangkan, oleh sebab itu harus memodelkan manusia dengan cara yang sama. Karena memang manusia merupkan aspek yang penting. Sehingga program yang nantinya akan kita buat akan tepat sasaran dan pengguna, meskipun pada kenyataannya kita tahu bahwa manusia adalah makhluk yang komplek dan beragam.
Berikut faktor Manusia Terdiri aTas:
1. Penglihatan (komponen Input)
Kita tau mata merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan kita, sebab dengan mata kita dapat melihat keindahan dunia ini dan segala isinya.
Beberapa pembagian penglihatan terbagi atas :
- Luminans
Adalah banyaknya cara yang dipantulkan oleh permukaan objek. Besaran ini mempunyai satuan lilin/meter persegi. Semakin besar luminans dari sebuah obyek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah.
- Kontras
Adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut. Didefinisikan sebagai selisih antara luminans obyek dengan latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang.
- Kecerahan
Adalah tanggapan subjektif pada cahaya . tidak ada arti khusus dari tingkat kecerahan seperti luminans dan kontras. Tetapi luminans yang tinggi berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.
- Sudut dan ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan (visual angel) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan dengan objek pada mata. Ketajaman penglihatan (visual activy) adalah suatu penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas.
- Medan penglihatan
Adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan kanan terjauh.
Dibagi 4 bagian yaitu:
· Daerah pertama adalah tempat kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama, juga disebut dengan penglihatan binokuler.
· Daerah kedua tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri ketika mata kiri kita gerakkan ke sudut paling kiri , disebut monokuler kiri.
· Daerah ketiga adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kanan ketika mata kiri kita gerakkan ke sudut paling kanan , disebut dengan penglihatan monokuler kanan.
· Daerah keempat adalah daerah buta, yakni daerah dengan yang sama sekali tidak dapat dilihat oleh kedua mata.
2. Pendengaran (komponen Input)
Manusia normal umumnya hanya mampu mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi 20 hertz sampai dengan 20 KHertz, tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh umur dan kesehatan seseorang. Sedangkan suara yang berkisar pada frekuensi 1000 – 4000 hertz menyebabkan pendengaran menjadi lebih sensitif.
3. Sentuhan (komponen Input)
Sentuhan merupakan sarana interaksi yang penting pada orang buta selain suara(jika ia tuli). Jari jemari sangat sensitif terhadap perubahan tekanan, tetapi sensasi ini akan turun pada aplikasi yang bersifat konstan.
4. Pergerakan (komponen Output)
Ini merupakan reaksi dari tubuh kita sendiri, dimana hal ini akan terjadi setelah stimulus yang kita terima di olah oleh otak kita dan kemudian memerintahkan anggota badan kita untuk bereaksi menanggapinya.
Bukan hal yang mudah dalam membuat keseimbangan pada model system computer yang akan kita kembangkan, oleh sebab itu harus memodelkan manusia dengan cara yang sama. Karena memang manusia merupkan aspek yang penting. Sehingga program yang nantinya akan kita buat akan tepat sasaran dan pengguna, meskipun pada kenyataannya kita tahu bahwa manusia adalah makhluk yang komplek dan beragam.
Berikut faktor Manusia Terdiri aTas:
1. Penglihatan (komponen Input)
Kita tau mata merupakan komponen yang sangat penting dalam kehidupan kita, sebab dengan mata kita dapat melihat keindahan dunia ini dan segala isinya.
Beberapa pembagian penglihatan terbagi atas :
- Luminans
Adalah banyaknya cara yang dipantulkan oleh permukaan objek. Besaran ini mempunyai satuan lilin/meter persegi. Semakin besar luminans dari sebuah obyek yang dapat dilihat oleh mata juga akan semakin bertambah.
- Kontras
Adalah hubungan antara cahaya yang dikeluarkan oleh suatu obyek dan cahaya dari latar belakang objek tersebut. Didefinisikan sebagai selisih antara luminans obyek dengan latar belakangnya dibagi dengan luminans latar belakang.
- Kecerahan
Adalah tanggapan subjektif pada cahaya . tidak ada arti khusus dari tingkat kecerahan seperti luminans dan kontras. Tetapi luminans yang tinggi berimplikasi pada kecerahan yang tinggi pula.
- Sudut dan ketajaman Penglihatan
Sudut penglihatan (visual angel) didefinisikan sebagai sudut yang berhadapan dengan objek pada mata. Ketajaman penglihatan (visual activy) adalah suatu penglihatan minimum ketika mata masih dapat melihat sebuah objek dengan jelas.
- Medan penglihatan
Adalah sudut yang dibentuk ketika mata bergerak ke kiri terjauh dan kanan terjauh.
Dibagi 4 bagian yaitu:
· Daerah pertama adalah tempat kedua mata mampu melihat sebuah obyek dalam keadaan yang sama, juga disebut dengan penglihatan binokuler.
· Daerah kedua tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kiri ketika mata kiri kita gerakkan ke sudut paling kiri , disebut monokuler kiri.
· Daerah ketiga adalah tempat terjauh yang dapat dilihat oleh mata kanan ketika mata kiri kita gerakkan ke sudut paling kanan , disebut dengan penglihatan monokuler kanan.
· Daerah keempat adalah daerah buta, yakni daerah dengan yang sama sekali tidak dapat dilihat oleh kedua mata.
2. Pendengaran (komponen Input)
Manusia normal umumnya hanya mampu mendeteksi suara dalam kisaran frekuensi 20 hertz sampai dengan 20 KHertz, tetapi hal ini juga dipengaruhi oleh umur dan kesehatan seseorang. Sedangkan suara yang berkisar pada frekuensi 1000 – 4000 hertz menyebabkan pendengaran menjadi lebih sensitif.
3. Sentuhan (komponen Input)
Sentuhan merupakan sarana interaksi yang penting pada orang buta selain suara(jika ia tuli). Jari jemari sangat sensitif terhadap perubahan tekanan, tetapi sensasi ini akan turun pada aplikasi yang bersifat konstan.
4. Pergerakan (komponen Output)
Ini merupakan reaksi dari tubuh kita sendiri, dimana hal ini akan terjadi setelah stimulus yang kita terima di olah oleh otak kita dan kemudian memerintahkan anggota badan kita untuk bereaksi menanggapinya.
Sekian, semoga Bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima Kasih sudah berkunjung kawan.
Mohon Meninggalkan Jejak dengan Berkomentar.
Salam Blogger !!
TUHAN Memberkati Kita Semua...